Wednesday, April 11, 2012

Save The Shark



Gadis Aksi

Sebagian besar dari kita pasti masih menganggap bahwa hiu adalah hewan laut yang pantas mati karena sifatnya yang agresif. Padahal, jumlah kasus penyerangan manusia oleh hiu kecil sekali. Karena konsumsi sirip hiu menjadi populer saat ini, perburuan terhadap hiu pun semakin meningkat. Kalau dibiarkan terus, lama-lama hiu bakal punah nih. 

Menuju kepunahan
Karena permintaan terhadap sirip hiu terus meningkat, setiap tahunnya ada 100 juta ekor hiu yang dibunuh untuk diambil siripnya. Ini berarti kurang lebih 190 ekor hiu dibunuh tiap menitnya. Kalau keadaan ini terus berlanjut, diperkirakan dalam 10 tahun lagi hiu bakal punah.

Penyiksaan yang kejam
Kenapa sih, banyak orang mempermasalahkan pengambilan sirip hiu (shark finning)? Pasalnya, hal ini sangat menyiksa hiu. Setelah diambil siripnya, hiu dikembalikan lagi ke laut dalam keadaan hidup, karena terlalu berat untuk diangkut kapal. Lagipula, daging hiu terlalu beracun untuk dimakan. Sehingga hiu yang dikembalikan ke laut ini nggak bisa berenang lagi setelah kehilangan kedua siripnya. Jadi, hiu tersebut akan tenggelam atau dimakan oleh ikan lainnya hidup-hidup. Kejam banget ya?

Keseimbangan ekosistem laut
Karena banyaknya hiu yang mati karena pengambilan sirip, populasi hiu pun menurun drastis. Padahal hiu sebagai predator utama punya peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Kalau populasi hiu menurun atau sampai punah, bisa-bisa ada ledakan populasi ikan besar di lautan. Ini bakal mengganggu keseimbangan laut.

gadis.co.id

No comments:

Post a Comment

Comment Please :)