Saturday, April 7, 2012

Istilah Dalam K-pop


Kali ini saya ingin memposting daftar istilah yang sering digunakan dalam dunia K-Pop. Buat K-Popers newbie pasti masih suka bingung dan bertanya-tanya dalam hati tentang apa itu abs, aegyo, maknae dsb... seperti saya ketika belum nyemplung ke dunia K-Pop 4 tahun yang lalu kkk~ postingan ini saya kutip dari blog hallyucafe dengan sedikit perubahan dan penambahan. Ok.. Junbi sijak! ^^

Abs: otot perut. Kalo pada idol cewek biasanya dinamakan 11-abs karena otot perutnya membentuk angka 11 dan idol yeoja yang punya 11-abs adalah leader After School Kahi.

4D Personality: seseorang dengan kepribadian yang 'aneh'. Istilah ini tidak dimaksudkan untuk menghina seseorang melainkan sebuah pujian. Biasanya dipakai untuk idol yang kepribadiannya unik. Contoh: Onew SHINee, Kim Hyun Joong SS501 dsb.

90 degree bow (membungkuk 90 derajat): gaya membungkuk seseorang hingga 90 derajat. Biasanya dilakukan untuk menghormati senior atau berterima kasih setelah konser.

Aegyo: kemampuan seseorang untuk menunjukkn sisi cute-nya. Idol yang jago aegyo adalah Sunny SNSD, Sungmin Super Junior, dll.

Ahjumma fans: sebuatan untuk fans wanita yang berusia di atas 30 tahun. atau fans tante-tante dari artis cowok. Contoh: ahjumma fans JGS, ahjumma fans Yoochun dll

Ahjussi fans: sebuatan untuk fans pria yang berusia di atas 30 tahun. atau fans om-om dari artis cewek. Contoh: ahjussi fans IU, ahjussi fans SNSD dll.

all kill: ketika seorang idol lagu dan albumnya berhasil menduduki posisi #1 di semua situs download legal seperti MelOn, Soribada.

Anti-fan: biasa disebut "Antis"  digunakan untuk seseorang yang benci terhadap idol tertentu.

AR (All Recorded): ketika sebuah lagu diputar secara penuh audio dan musiknya. Dalam pertunjukkan biasanya idol akan melakukan lip-sync

Bagel Boy/Girl: bagel merupakan kombinasi kata dari "baby face" dan "glamorous body" kalo untuk idol namja diganti dengan "gladiator body" maksudnya adalah walaupun wajah sang idol itu imut tapi dia memliki tubuh yang ideal/berisi. Contoh idol bagel girl adalah Hyosung SECRET.

Banmal: gaya bicara informal yang digunakan oleh seseorang yang dekat ataupun yang lebih muda. Biasanya diakhiri dengan -hae, -ya, -ji. Contoh piryeohae, mwo haneun geoya

Joen-da-emal: gaya bicara sopan, biasanya diakhiri dengan -yo, -imnida. Contoh: saranghaeyo, gomapseumnida.

CF (Commercial Footage): iklan.

Chuseok: thanksgivingnya Korea. Perayaan festival panen.

Comeback stage: pertunjukkan pertama dalam suatu program musik untuk mempromosikan single atau album.

Chocolate Abs: abs yang memperlihatkan garis dan membentuk kotak seperti coklat.

Daebak: artinya hebat.

Digital Single: sebuah lagu yang hanya tersedia melalui donwload online yang legal. Tidak tersedia dalam album ataupun CD.

Dol: versi pendek dari Idol yang dikombinasika dengan kata lain. Contoh: beastly-dols, model-dols dll.

Dongsaeng: saudara yang lebih muda.

Encore: penampilan terakhir dalam sebuah konser ataupun dalam program musik

Eonni (언니) : Berarti kakak perempuan, diguanakan oleh anak perempuan yang lebih muda.

Fan account: akun blog/website yang dibuat oleh penggemar yang bercerita tentang artis kesukaannya.

Fanbase: akun dalam social network ataupun blog yang berisi mengenai informasi tentang idolanya. Biasanya fanbase ini sering mengadakan project dalam rangka merayakan ulangtahun sang idol ataupun konser dan lainnya.

Fanboy: sebutan untuk fans laki-laki.

Fangirl: sebutan untuk fans perempuan.

Fan-chant: kata-kata yang diteriakkan fans untuk mendukung idolanya, yang diciptakan agar bisa pas dengan melodinya. Contoh: Fanchant dalam intro lagu Lucifer SHINee (Lee Jinki, Kim Jonghyun, Kim Ki Bum, Choi Minho, Lee Taemin, SHINee! Lucifer!)

Fancam: video artis yang direkam oleh fans.

Fanclub: klub resmi dan tidak resmi dari seorang idola maupun grup.

Fanboy: segala hal berhubungan dengan dunia fans para artis, variety show, film, drama dll

Fanmade: dapat berupa mixing video, cover dance, lagu dll yang berhubungan dengan artis tertentu. Sama halnya dengan fanart

Fan-meeting: sebuah acara yang diadakan oleh artis untuk bertemu dengan fansnya, biasanya diisi dengan sesi tanya jawab, tanda tangan, foto bareng dll.

Fan-project: Sebuah proyek yang diadakan oleh fanclub/fanbase dari seorang artis atau grup idola.

Fanwar: perang yang terjadi antar fans artis (fandom).

Full album: album penuh yang biasanya berisi 12 lagu.

Goodbye stage: pertunjukkan akhir seorang artis di seuah program musik sebelum mengakhiri masa promosi.

Goon: istilah yang digunakan untuk memanggil laki-laki yang lebih muda. Contoh: saya lebih tua dari Taemin, maka saya memanggil dia dengan Taemin-goon.

Hallyu: gelombang budaya Korea. biasa dikenal dengan istilah Hallyu Wave.

Hanbok: pakaian tradisional Korea.

Himnae: artinya bergembiralah, untuk memberi semangat. Fungsinya hampir sama dengan Hwaiting!

Hoobae: seorang junior yang tidak lebih berpengalaman dalam bidang tertentu.

Honey Thighs: julukan untuk paha sempurna yang manis seperti madu. Contoh seleb honey thighs yaitu UEE After School.

Hwaiting (화이팅): sebuah frase untuk memberi semangat kepada seseorang.

Hyung (형): panggilan kepada kakak laki-laki yang dipakai oleh laki-laki yang lebih muda. Contoh: Sungjong INFINITE memanggil Sunggyu-hyung. Karena Sunggyu lebih tua dari Sungjong.
Hyungnim: cara sopan untuk memanggil Hyung.

Idol: istilah yang digunakan untuk selebritis muda K-Pop. Yang membuat mereka berbeda dari penyanyi lainnya karena mereka menjalani masa trainging selama beberapa tahun.

Jimjilbang: sauna atau pemandian umum khas Korea.

JYP: Park Jin Young, dia adalah pendiri JYP Entertainment.

Lee Soo Man: pendiri SM Entertainment.

Makjang: sebuah point dalam plot K-Drama yang dibuat secara berlebihan, seperti kejutan. Contoh dalam K-Drama Miss Ripley. Ternyata Ibu tiri Yoochun adalah ibu kandung dari Lee Da Hae yang berperan sebagai calon istrinya.

Maknae: anggota termuda dalam sebuah grup. Contoh: Suzy merupakan maknae miss A, Kyuhyun merupakan  maknae Super Junior dll.

me2day: jejaring sosial yang populr di Korea. Banyak idol yang mempunyai account me2day.

Mini Album: biasanya berisi 2 atau 3 lagu baru, dan juga lagu remix maupun instrumental sebagai tambahan.

MR (Music Removed): proses menghilangkan musik dari sebuah lagu hingga hanya terdengar suara asli penyanyinya. 

Music Program: terdiri dari program pertunjukkan seperti KBS Music Bank, SBS Inkigayo, MBC Music Core, Mnet M! Countdown.

MV: Music Video atau video klip.

Netizen: kombinasi dari kata 'internet' dan 'citizen'. yaitu komunitas yang aktif dalam menggunakan internet.

Noona (dibaca: Nuna): sebutan untu wanita yang lebuh tua, dipakai oleh laki-laki yang lebih muda.
Nunim: panggilan yang lebih sopan untuk Nuna.

Noraebang: karaoke

Oppa: panggilan kepada kakak laki-laki, dipakai oleh perempuan yang lebih muda.

Omona/Omo: artinya sama dengan 'Oh My God'

Pepero Day: perayaan seperti hari Valentine di Korea. Jatuh pada tanggal 11-11

Repackaged Album : Ketika sebuah full album dirilis ulang dengan tambahan lagu baru, atau remix. Biasanya dirilis tidak lama setelah pomosi lagu pertama albumnya berakhir. *contoh: selesai SHINee promo Lucifer, repackaged album mereka keluar dan SHINee kembali untuk promo Hello*


Rookie : Grup atau penyanyi yang baru debut. Mereka biasanya disebut ‘rookie’ setidaknya selama setahun.


Sasaeng : istilah untuk menyebut fans obsesif yang selalu mengikuti selebritis favorit mereka kemanapun mereka pergi dari pagi sampai malam. Hampir sama seperti “stalker (penguntit).” Untuk info lebih lanjut, baca Anti Fans and Their Power in the Music Industry.


Ssanti : kampungan atau norak. Dalam K-Pop kata ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan gara tari seseorang.


Selca : Kombinasi kata-kata “self” dan “camera,” yang merupakan foto yang diambil sendiri oleh seseorang, biasanya dilakukan di depan kaca. Para idol sering sekali meng-upload selca mereka di akun Twitter atau Me2Day mereka.


Seollal Day atau Seollal (설날) = Sebutan untuk Lunar New Year atau hari raya imlek di Korea. Hari ini adalah hari terpenting dalam sejarah hari libur tradisional Korea, dan dianggap lebih penting dari hari tahun baru Masehi.


Ssi : berarti “tuan” atau “nona”, biasanya digunakan untuk memanggil seseorang dalam konteks formal (atau program acara penyiaran) untuk menghormati seseorang, berlaku untuk perempuan dan juga laki-laki. Memanggil seseorang yang lebih tua dengan sebutan ssi amat sangat tidak disarankan karena bisa disebut tidak sopan, dalam hal ini “Sunbaenim” atau gelar seseorang akan lebih baik digunakan.


S-Line (에스 라인) : Istilah untuk mendeskripsikan bentuk/lekukan tubuh yang indah seorang wanita.


SM Town : Nama lain untuk artis SM Entertainment dalam sebuah grup. Nama ini juga yang dipakai sebagai judul konser tur yang dihadiri oleh seluruh artis di labelnya.


Subunit: Bagian sebuah grup yang dibentuk untuk satu proyek promosi atau merilis lagu.
sub-unit yang terkenal:
          Super Junior-M : Super Junior
          Trouble Maker : Hyuna (4Minute) & Hyun Seung (BEAST)
          Orange Caramel : After School
          GD&Top : Big Bang
          Sistar19 : Sistar


Sunbae (선배) : Senior atau seseorang yang dianggap memiliki pengalaman lebih darimu dalam satu bidang tertentu. Umur tidak menjadi faktor utamanya. Contoh: Big Bang tetap sunbae bagi 2NE1, meskipun Bom dan Dara lebih tua dari mereka. Dalam konteks non-prefesional, Dara dan Bom adalah noona mereka. 
Sunbaenim (선배님) :  Cara sopan untuk menyebut ‘sunbae.’


Title Track : Lagu utama yang sedang dipromosikan dalam sebuah album atau single, lagu tersebut pula yang akan dibuat MVnya dan ditampilkan dalam program musik.


Trainee : Istilah seorang calon penyanyi/aktor di masa latihan mereka. Orang ini dianggap trainee hingga mereka keluar untuk melakukan debut resmi. Jangka waktu latihan mereka bervariasi, tapi biasanya bisa lebih dari dua tahun. Untuk info lebih lanjut, baca Life of a Celebrity: The Sweat and Tears of Becoming an Idol. 


Triple Crown : Istilah penghargaan ketika lagu seorang artis menang tiga minggu berturut-turut dalam program musik M! Countdown dan Inkigayo. Lagu itu kemudian harus “pensiun” dan tidak bisa menang lagi. Sementara untuk Music Bank mereka tidak memiliki batasan kemenangan.


Um Chin Ah (엄친아) : Frase kependekan yang berarti ‘Mother’s Friend’s Son (anak laki-laki teman ibu).’ Mereka adalah anak-anak yang para ibu akan ceritakan pada anak-anaknya sebagai perbandingan (terutama dalam belajar, dll). ‘Um Chin Ddal’ kependekan dari ‘Mother’s friend’s daughter’


UnitedCube : Nama konser yang diadakan oleh artis Cube Entertainment.


V-Line: Wajah oval yang meruncing hingga dagunya.


V-pose: pose berfoto dengan jari telunjuk dan tengah membentuk huruf V. Kadang disebut peace-pose juga.


White Day: Dirayakan di Jepang dan Korea pada tanggal 14 Maret, sebuah setelah hari Valentine. Di hari itu, seorang laki-laki akan memberikan perempuan coklat sebagai balasan dari hari Valentine. Selanjutnya sebulan kemudian akan ada, “Black Day” yang dirayakan oleh orang-orang jomblo aka mereka yang tidak punya pasangan. Baca lebih lanjut: http://en.wikipedia.org/wiki/White_day


Yang: istilah yang dipakai untuk menyebut gadis yang lebih muda dalam konteks formal, biasanya ditaruh di belakang nama seseorang. *contoh: Eugene dalam sebuah program acara memanggil IU yang lebih mudanya dengan sebutan IU-yang, funsinya bisa mirip dengan -ssi*


YG : Yang Hyun-Seok merupakan pendiri, pemilik dan direktur YG Entertainment. YG = Yang Goon.


YG Family : Istilah para artis yang tergabung di bawah label YG Entertainment.



credit: hallyucafe


No comments:

Post a Comment

Comment Please :)