Thursday, March 1, 2012

Menangis itu sehat

Gadis Ngobrol


Waktu kecil mungkin kita berpikir, saat menangis air mata kita akan kering dan habis. Tapi pernah nggak terpikir, jika tiap tetes air mata yang kita keluarkan justru memiliki manfaat untuk kesehatan. Nggak percaya? Ini buktinya, kalau air mata kita nggak pernah sia-sia diteteskan.

Mengeluarkan racun   
Lewat studinya yang meneliti tentang air mata, seorang ahli biokimia dari Amerika, William H. Frey mengatakan bahwa air mata yang keluar karena faktor emosi, ternyata mengandung racun yang berasal dari tubuh. Makanya William mengatakan bahwa dengan menangis, air mata tersebut telah mengeluarkan racun dari dalam tubuh seseorang.  

Mengurangi Stres
Ternyata air mata mengeluarkan hormon stres  yang juga terdapat dalam tubuh, yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Jadi saat kita mengeluarkan air mata, secara otomatis hormon stres tersebut ikut terbuang, sehingga membuat kita lebih relaks.

Membantu Penglihatan
Fungsi air mata itu nggak hanya melembabkan bola mata dan kelopak mata saja lho, tapi juga mencegahnya agar mata tidak kering dan membantunya untuk melihat dengan baik. Coba deh bayangkan, jika mata kita tidak dibasahi air mata! Pastinya mata kita bakalan pedih dan tidak dapat melihat dengan jelas. 


Gadis.co.id

No comments:

Post a Comment

Comment Please :)