Thursday, March 1, 2012

Hati-hati Konsumsi Nasi Putih

“Nggak makan nasi sama saja dengan nggak makan.” Bagi kita masyarakat Indonesia, nasi putih adalah makanan pokok sehari-hari. Rasanya sulit sekali makan tanpa nasi. Namun, konsumsi nasi berlebihan bisa menyebabkan bahaya, lho.

Sebenarnya, memakan nasi dengan porsi yang sesuai tidak membahayakan tubuh. Namun, porsinya harus seimbang. Untuk remaja seusia kita, dalam sekali makan, porsi nasi satu setengah centong, sisanya dilengkapi lauk yang kaya serat, sebenarnya sudah cukup. Kita juga bisa memakan buah sebelum menyantap nasi, kabarnya ini bisa mengurangi kadar gula yang terkandung di dalamnya.

Gadis Ngobrol


Ini bukan berarti kita nggak boleh makan nasi sama sekali. Anak-anak dan remaja yang punya segudang aktivitas justru dianjurkan untuk makan nasi karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidat nantinya menghasilkan energi untuk kita beraktivitas. 

Tapi ingat, makan nasi putihnya jangan berlebihan. kalau sampai berlebihan menyantap nasi putih, akan ada dampak buruknya. Hasil penelitian Amerika Serikat menyatakan konsumsi 150 gram beras putih lebih dari lima kali sepekan dapat meningkatkan resiko diabetes sebanyak 17%. Persentase ini dibandingkan dengan orang-orang yang hanya mengkonsumsi satu porsi nasi putih dalam sebulan. Hal ini disebabkan nasi putih mengandung  kadar gula tinggi. Kelebihan konsumsi nasi juga bisa menyebabkan kanker dan penyakit kardiovaskular.

Karena itu seimbangkan yuk, konsumsi nasi kita. Kita bisa mencari makanan pokok pengganti, seperti berikut:
  • Pisang, buah yang satu ini menjadi makanan pokok di daerah Hawaii.
  • Kacang-kacangan atau biji-bijian.
  • Kentang.
  • Beras merah alias nasi merah.
  • Barley, sejenis gandum yang dikonsumsi masyarakat Eropa. 
gadis.co.id

No comments:

Post a Comment

Comment Please :)