Saturday, March 3, 2012

Coffee & Health

Gadis Ngobrol


Paling asyik memang nongkrong di kafe. Kalau sudah begini, berbagai jenis minuman kopi pasti kita cicipi, mulai dari cappuccino, latte sampai espresso. Banyak orang bilang kopi nggak baik, khususnya buat kesehatan remaja seumuran kita ini. Tapi, ada yang bilang juga kopi sebenarnya bagus buat kesehatan. Jadi, yang mana yang benar sih?

Manfaat
Ternyata kopi punya beberapa
manfaat buat kesehatan kita. Buktinya, mengkonsumsi kopi bisa mengurangi risiko terkena beberapa penyakit seperti Alzheimer, Parkinson, demensia, kanker, diabetes dan batu empedu. Nggak cuma itu, kopi juga bagus buat perlindungan dari penyakit kardiovaskular dan juga mencegah sembelit. 


Efek buruk 
Walaupun punya banyak kegunaan, kopi juga ternyata punya efek yang kurang baik buat kesehatan tubuh kita, terutama jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Beberapa efek buruknya yaitu, kecanduan kafein (zat yang ada dalam kopi), meningkatkan kolesterol, dan mempertinggi tekanan darah. Salah satu efek ringan yang sering dialami orang jika mengkonsumsi banyak kopi adalah gelisah dan sulit tidur. 

Porsi yang pas 
Untuk mencegah terkena efek buruknya tapi tetap bisa mendapatkan manfaatnya, sebaiknya kita minum kopi dengan takaran yang tepat. Tapi, seberapa banyak kopi yang pas buat kita? Menurut penelitian, jumlah kopi yang pas buat kita adalah 200-300 miligram per hari. Ini berarti nggak lebih dari dua cangkir kopi. 


gadis.co.id

No comments:

Post a Comment

Comment Please :)