Friday, December 3, 2010

Saatnya Belajar, Saatnya Menghafal



Gadis Ngobrol
Mau ujian, bahan setumpuk, banyak hafalan? Aaaaaarggghh!

Menghafal memang kegiatan yang membutuhkan usaha ekstra. Lebih-lebih, menghafalkan materi pelajaran pada saat akan ujian.Tapi, kalau kita tahu triknya, hafalan bisa jadi sangat menyenangkan, lho! Caranya adalah…
  • Kaitkan hafalan angka/ tanggal dengan angka atau tanggal yang berkesan dan bersejarah untuk kita. Seperti angka favorit, tanggal jadian, atau jumlah koleksi sepatu. 
  • Buat singkatan sendiri, untuk mempersingkat kata/ kalimat yang hafalan. Misalnya, Tinggi = PD2 BM untuk menyingkat badan tertinggi negara yaitu Presiden, DPR, DPA, BPK serta MA. Hehehe …
  • Ganti lirik lagu favorit kita, seperti lagu-lagu RAN, Taylor Swift atau Justin Bieber, dengan rumus-rumus yang ingin dihafal. Makin sering dinyanyiin bakal makin hafal, deh!
  • Untuk materi hafalan yang agak sulit, lakukan sambil menyantap cemilan favorit kita. Selain bisa membangkitkan mood, nantinya tiap teringat makanan itu kita jadi ingat materi yang dihafalkan.
  • Ganti kalimat hafalan dengan gambar. Misalnya, hafalan biologi, coba langsung digambar menggunakan spidol warna-warni. Biasanya, kita akan lebih ingat, tuh!
  • Role play jadi tutor atau guru pelajaran tersebut. Pura-puranya, kita yang mempresentasikan materi yang akan dihafal di depan cermin. Saying out loud sambil berakting mengajar diri sendiri, juga bisa bantu kita mengingat hafalan.

No comments:

Post a Comment

Comment Please :)