Friday, December 24, 2010

Ayo, Hemat Air!



Gadis Aksi
Ajakan untuk berhemat air sepertinya nggak akan pernah berhenti. Apalagi mengingat, dunia berada di bawah ancaman krisis air bersih. Di Indonesia saja, sumber mata air semakin berkurang. Bahkan di Afrika, kaum perempuan harus berjalan sekitar 40 miliar jam setahun, untuk mendapatkan air bersih.

Jangan cuma takut dan khawatir melihat fakta-fakta itu. Yuk, ikut menghemat air biar kita tetap sehat. Dan saat tua nanti, kita masih bisa menikmati air bersih.
  • Saat menyikat gigi, isi satu gelas penuh air untuk berkumur. Cara ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan mengambil air keran, yang bisa menghabiskan sekitar 5 liter per menit.
  • Berhubung sekarang lagi musim hujan, kita bisa memanfaatkan air hujan untuk berhemat. Tadahkan air hujan dalam ember dan manfaatkan untuk mencuci sepatu dan tas kita. Jangan lupa untuk segera menggunakan airnya, supaya nggak jadi tempat jentik nyamuk.
  • Latih kepekaan kita terhadap pemborosan air. Misalnya, saat melihat keran air yang masih mengucur, kita tutup kerannya, dan masih banyak lagi.
  • Kurangi waktu penggunaan shower saat mandi. Dengan mengurangi 1 atau 2 menit saja, kita bisa menghemat air hingga 150 galon setiap bulannya.
  • Yuk, lupakan gaya mandi berendam demi menghemat air. Bakal banyak sekali air yang terbuang saat kita melakukan ritual ini.
  • Jangan membuang tissue dan bekas pembalut kita ke dalam toilet. Soalnya, dua benda ini sulit terurai dan bisa mencemari air.
  • Perkaya dan update terus informasi kita tentang masalah air. Sekarang ini, banyak banget situs yang membagi informasi tersebut. Di sana, kita juga bisa menyampaikan dukungan dan ikut peduli lewat program yang mereka buat. Coba klikhttp://wateruseitwisely.com/ dan http://www.h2ouse.org/ untuk ikutan.

No comments:

Post a Comment

Comment Please :)