Thursday, August 18, 2011

Fun Fasting


Harus tetap sekolah pas puasa sih enggak masalah. Masalahnya, pas istirahat ngapain, ya? Kita cari, yuk, kegiatan yang enggak berhubungan dengan piring-sendok-garpu.


-Uno
Kalau kita punya kartu UNO di rumah, sok atuh dibawa ke sekolah! Kondisi kantin yang agak lowong pas bulan puasa, bisa banget dimanfaatin pas istirahat. Biar tambah seru, bikin aturan lucu seperti, yang kalah mesti pasrah didandanin sama yang lain pakai bedak.

-Time for books club
Selama bulan puasa, kita bisa mendirikanbook club bareng teman-teman. Kumpulin aja teman-teman yang hobi membaca dan janjian untuk bawa novel dari rumah. Begitu selesai baca novel masing-masing, bisa saling tukeran, deh. Atau, bahas satu novel ramai-ramai. Pasti seru. Btw, habis puasa, book club-nya enggak harus puasa, kok.

-Siraman kalbu ala kita
Daripada gosip kanan kiri, mending kita bikin siraman kalbu aja. Kegiatan ini bisa kita lakukan saat istirahat atau setelah pulang sekolah. Enggak usah terlalu serius dan lama. Dibikin santai aja, pokoknya sekreatif-kreatifnya kita deh. Misal, sambil diselingi games atau sharing. Kalau ada teman yang mengerti agama, bisa dimanfaatkan, tuh. Jadikan dia pembicara di siraman kalbu yang kita adakan. Teman share ilmu agama, kita pun bisa sekalian nambah ilmu dan pahala.

-Scrapbook bersyukur
Mari bikin scrapbook bersyukur bulan puasa. Scrapbook ini berisi hal-hal baik yang sudah kita terima hari ini. Misal, Mama membuatkan roti enak buat sahur, teman kasih pinjam buku bagus. Bisa sekalian janjian bikin bareng teman-teman dekat kita. Jadi tiap istirahat, kumpul bareng teman-teman di basecamp favorit sambil saling unjuk scrapbook kita deh. Kita jadi termotivasi untuk lebih bersyukur pada hidup.

-Arisan amal
Di bulan puasa, rasanya kurang afdol kalau enggak beramal. Nah, kita bisa mulai dengan bikin arisan amal. Hasil arisan yang biasanya buat sendiri, kali ini bisa kita sumbangkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Uangnya bisa kita ambil dari uang jajan yang enggak terpakai selama bulan puasa. Kita bisa mengadakan arisan ini dua kali dalam seminggu dan pemenang arisan berhak menentukan ke siapa uang amal itu akan dikasih. Arisan sambil beramal, hitung-hitung nambah pahala.

source by : kawankumagz.com

No comments:

Post a Comment

Comment Please :)