Sunday, August 28, 2011

Aksi Hijau di Berbagai Negara

Gawatnya keadaan bumi, ternyata juga memicu berbagai negara di dunia untuk beraksi nyata buat bumi. Yaitu, lewat berbagai kebijakan ramah lingkungan, yang diterapkan di negaranya. Kerennya, aksi di negara-negara ini sebetulnya sederhana banget untuk dilakukan. Tapi, karena seluruh penduduknya diajak untuk berpartisipasi aktif, efeknya jadi luar biasa. Yuk, kita lihat, aksi apa yang dilakukan oleh negara-negara berikut ini.
Gadis Aksi

Irlandia
Di negara asal boyband Westlife ini, pemerintahnya menetapkan kebijakan soal penggunaan plastik. Jadi, setiap pembeli harus membayar 33 sen untuk setiap kantong plastik yang mereka bawa pulang. Jadi, daripada membayar, lebih baik bawa tas belanja ramah lingkungan, kan? Seminggu setelah kebijakan ini diberlakukan, penggunaan plastik di negara ini menurun tajam hingga 94%! Dan, dalam setahun, kebiasaan untuk membawa tas belanja semakin terbentuk di negara ini.

Jepang
Pemerintah Jepang punya kebijakan soal penggunaan energi untuk bisnis dan perkantoran, namanya “Warm Biz”. Mereka menetapkan bahwa gedung perkantoran dilarang mengeset temperatur pendingin ruangannya lebih dingin dari 28 derajat Celcius. Tahu dong, kalau semakin dingin suhu AC, maka energi yang dihabiskan semakin banyak dan pastinya mengeluarkan emisi lebih banyak pula? Kebijakan ini ternyata cukup sukses. Sejak diberlakukan, kadar emisi karbondioksida di udara menurun hingga lebih dari dua juta ton.

Malaysia
Air bersih yang makin kritis, menginspirasi Malaysia untuk membuat kebijakan tentang penggunaan air. Yaitu dengan menghimbau warganya menggunakan air hujan untuk mencuci mobil, menyiram tanaman, dan menyiram toilet. Sementara, air bersih olahannya baru digunakan untuk keperluan yang menggunakan air bersih, seperti memasak dan minum. Tentu saja, selain bisa menghemat pasokan air, aksi ini juga bisa menghemat pengeluaran warganya.


Source By : Gadis.co.id

No comments:

Post a Comment

Comment Please :)