Sunday, October 9, 2011

Whale Fun Facts

Walaupun badannya cenderung besar dan menakutkan, paus ini justru banyak disukai dan digambarkan sebagai hewan yang lucu dan ramah. Tapi, sebenarnya apa sih keistimewaan dari hewan yang menginspirasi banyak film ini?
Gadis Aksi
Big Eater
Ternyata badan besar paus nggak muncul begitu saja. Soalnya dalam satu hari, hewan ini butuh makan daging sebanyak 50 kg sampai 150 kg sih. Hewan-hewan yang jadi makanan favorit ikan paus adalah cumi, ikan dan juga plankton. Nggak heran juga kalau paus, khususnya paus biru, termasuk hewan terbesar di dunia. Bayangkan saja, panjang paus biru bisa mencapai 30 meter! Wow!

•Good Listener
Karena tinggal di samudera dan lautan dalam yang biasanya gelap, penting banget buat paus untuk punya pendengaran yang baik. Indera pendengaran ini digunakan buat berpergian dari satu tempat ke tempat lain atau untuk mencari makanan. Paus bergigi menggunakan technolocation untuk mencari makan. Dengan cara menangkap gema dan gaung dari giginya, paus-paus ini bisa mengidentifikasi besar, ukuran, jarak dan tekstur dari ikan-ikan yang ada di sekitarnya.

•Long Life
Untuk ukuran hewan, paus sebenarnya punya umur yang cukup panjang. Rata-rata usia untuk tiap jenis paus berbeda-beda. Tapi, umumnya seekor paus bisa hidup setidaknya sama dengan rata-rata usia manusia. Beberapa jenis paus bahkan bisa hidup lama lho. Bowhead whale, misalnya, bisa hidup sampai 200 tahun! Marissa-Foto: Istimewa



gadis.co.id

No comments:

Post a Comment

Comment Please :)