Sunday, December 4, 2011

Aksi Sosial & Cinta Bumi Starbucks

Gerai kopi hip dengan logo berwarna hijau mentereng ini nggak cuma bertekad menyebarkan demam kopi ke seluruh dunia. Di balik kelezatan minuman latte dan Frappuccino-nya, ada banyak kampanye sosial yang ingin mereka bagi. Berikut beberapa aksi yang mereka lakukan.    












Bring Tumblr, Free Coffee

Sudah dua tahun belakangan, gerai Starbucks di seluruh Amerika Serikat dan Kanada merayakan Earth Day dengan membagi-bagikan kopi/teh gratis. Syaratnya, pembeli harus  membawa tumbler atau travel mug. Ini merupakan
bagian dari kampanye cinta bumi mengurangi pemakaian cup karton. Yang seru, masyarakat di  Amerika kompakan untuk menaruh kopi dan teh gratis itu di jalanan, sampai terbentuklah susunan raksasa cup Starbucks. Ini menjadi simbol gerakan bersama masyarakat untuk menyelamatkan bumi. Serupa dengan hal tersebut, di berbagai negara lainnya seperti di Indonesia, Starbucks juga melakukan kampanye mengurangi pemakaian cup. 

Starbucks (Red)
Bergabung dengan gerakan (Red) yang dikampanyekan Bono U2, Starbucks ingin ikut membantu menanggulangi AIDS di Afrika. Dalam kampanye yang berlangsung sejak akhir 2008 ini, Starbucks mendonasikan sebagian penjualannya untuk mendukung (Red). Ada minuman dan kopi dengan kemasan merah yang dibuat khusus untuk kampanye dan adapula (Starbucks)Red Card yang bisa digunakan untuk membeli minuman. Jadi setiap yang pembeli Starbucks dengan salah satu promo tersebut, turut menyumbang ke Afrika. 

Fair Trade
Ini juga nih yang giat dikampanyekan Starbucks di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Yaitu, prinsip keadilan perdagangan dan nggak merusak alam. Caranya, dengan nggak merugikan petani kopi dalam kerjasama mereka. Terus, Starbucks juga mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa bahan baku kopi yang mereka peroleh nggak dengan cara merusak ataupun mengkeksploitasi alam.

Tapi nggak cuma Starbucks lho, yang aktif di kegiatan social. Masih banyak perusahaan lainnya yang punya kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Kampanye mereka bisa menjadi inspirasi untuk kita.

No comments:

Post a Comment

Comment Please :)